Senin, 26 November 2018

4 RAHASIA ROYAL ICING UNTUK CAKE YANG CANTIK


Royal icing, komponen yang digunakan untuk mendekorasi kue pernikahan atau kue ulang tahun dalam bentuk renda hingga bunga, terbuat dari putih telur yang dikocok bersama gula bubuk dan air jeruk lemon. Teksturnya sedikit padat dan akan mengeras setelah disemprotkan ke atas cake. Cita-cita para baker adalah menggunakannya dengan tepat yakni menutupi cake dengan mulus sebagai detail dekorasi yang rapi. Ingin tahu apa saja rahasianya?


1. Pewarna gel

Jika royal icing akan diwarnai, gunakan pewarna kue berbasis gel, bukan air. Air akan membuat royal icing terlalu cair dan sulit mengeras. Meski begitu, beberapa baker berpengalaman biasanya tidak menemukan masalah saat menggunakan perwana berbasis air, karena sudah memahami takarannya.
2. Pertolongan marzipan
Selalu tutupi seluruh permukaan cake dengan marzipan dahulu, sebelum disemprot dengan royal icing. Hal ini akan membantu cake tetap lembap (teksturnya tidak kering) dan warna royal icing bertahan karena tidak ternoda cake.
3. Gunakan gliserin
Royal icing akan mengeras setelah dibiarkan di suhu ruang. Satu yang tidak diinginkan baker adalah hasil akhir yang sekeras batu. Bahan rahasia untuk menghindari ini adalah menambahkan sedikit gliserin. Gliserin memberi efek lentur pada bahan yang menyatu padanya. Satu lagi hal yang membuat royal icing terlalu keras adalah overmixing bahan putih telurnya.
4. Bahan substitusi
Kekhawatiran karen menggunakan putih telur tanpa melalui proses pemasakan membuat beberapa resep royal icing dimodifikasi dengan substitusi bubuk meringue. Metode pembuatannya hampir sama, yaitu gula bubuk dan meringue bubuk dikocok menggunakan mixer hingga tercampur rata. Tambahkan air dan terus kocok hingga terbentuk puncak lembut dan mengilap agar luwes saat disemprot ke atas cake.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar