Sabtu, 24 November 2018

PERBEDAAN CAKE DENGAN ROTI


Perbedaan Cake dan Roti Cake dan Roti pasti kita sudah sangat sering mendengarnya. Dengan makin banyaknya toko yang menjual kedua jenis makanan tersebut. Sering ketika kita memasuki toko untuk membelinya kita asal meminta kepada pelayanya. Kita bilangnya mau beli roti ternyata yang kita beli ternyata jenis cake atau sebaliknya. Hehe. Trus mbak/mas pelayanya senyum-senyum sendiri deh. Nah, biar kita tidak kelihatan kuper dalam dunia cullinary berikut kami jelaskan perbedaan cake dan roti.


1.       Cake
Menurut Wikipedia biasanya disebut kue bolu adalah kue yang berbahan dasar tepung terigu, telur dan gula. Kue bolu atau cake biasanya deimatangkan dengan cara dipanggang tetapi ada juga yang dikukus, misal : bolu kukus, dan yang lainya.
Sedangkan menurut  U.S Wheat Associats (1983). Cake berasal dari adonan liquid adri bahan utama mentega, margarin, telur, gula pasir, terigu, susu, tbm, dan bahan pelengkap lainya. Sejalan dengan pendapat, Subagjo (1997) cake adalah adonan panggang yang terbuat dari tepung, gula, garam, bahan pengembang, shortening, susu, telur dan bahan penambah aroma.

2.       Roti
Menurut wikipepia roti adalah makanan berbahan dasar utama dari tepung terigu dan air, yang di fermentasikan dengan ragi atau sering kita sebut yeast.  Serta kandungan proteinya lebih tinggi dibandingkan dengan cake, sehingga roti menjadi makanan pokok di sebgaian besar negara barat.
Sedangkan menurut U.S Wheat Associates (1981) dalam The Book The World of Bread History (2004). Roti adalah olahan produk pangan yang merupakan hasil dari proses pemanggangan adonan yang telah difermentasi terlabih dahulu. Bahan utama dalam pembuatan roti terdiri dari tepung terigu protein tinggi, air, ragi (yeast), dan garam. Sedangkan bahan penambah rasa dan pelembut roti seperti gula, susu, lemak dan telur sedangkan ragi dan Bread Improver berfungsi menguatkan gluten dan memperpanjang umur simpan roti.


1 komentar: