Sabtu, 24 November 2018

TEKNIK GLAZING MENINGKATKAN PENJUALAN CAKE DAN BAKERY


Dengan kemajuan teknologi yang pesat banyak mempengaruhi dunia bakery dan cake. Dari mulai pembuatan adonan roti yang menggunakan mixer roti hingga teknik sentuhan akhir dalam pembuatan roti dan pastry. Dalam memasarkan produk roti dan pastry tidak cukup hanya dengan cita rasa lezat saja. Penampilan seringkali menjadi penentu popularitas produk roti dan pastry. Oleh karena itu, proses glazing atau icing sangat diperlukan untuk memberikan sentuhan akhir roti dan pastry agar lebih menarik.

Tehnik glaze atau biasa disebut icing, merupakan teknik melapisi bagian atas produk bakery dan pastry seperti cake, donat, cookies dan lainnya. Glazing merupakan cara untuk menutupi kue yang sifatnya memantulkan cahaya atau mengkilap. Berfungsi sebagai dekorasi permukaan kue agar terlihat lebih indah dan keren sekaligus Menambah cita rasa kue tersebut.
Hal tersebut biasa kita lihat pada produk bakery dengan topping glazing adalah donat. Dari beraneka macam varian donat yg terdapat pada pasaran, setengahnya dilapisi menggunakan glazing. Variasi glazing pada donat cukup banyak mirip glazing asal gula, madu, strawberry, blueberry, cokelat serta lainnya. Berbagai jenis glazing ini menghasilkan donat semakin diminati karena selain memperkaya jenis rasa, variasi glazing jua menambah indah formasi donat yang di display toko.
Sementara, glazing pada penggunaannya yang lebih luas bisa diaplikasikan pada banyak sekali produk bakery serta pastry seperti eclair, cake, macaroon hingga cake. Glazing pada cake biasanya lebih menarik, baik warna maupun motifnya. Hal ini karena cake seringkali digunakan buat memeriahkan berbagai program seperti ulang tahun dan  pesta pernikahan. Maka, cake dihias semenarik mungkin, sesuai tema acaranya. Dekorasi cake bisa dibuat menggunakan berbagai cara seperti dengan memakai fondant dan  butter cream. Dan  pastinya, glazing memberikan dampak lebih menarik.


Pada kue ulang tahun, glazing dari cokelat masih menjadi salah  satu varian yg paling populer. Cokelat memang disukai banyak orang serta simpel dipadu-padankan menggunakan bahan lain mirip butir-buahan serta kacang-kacangan. Sementara, wedding cake yg masih populer hingga saat ini adalah yang didekorasi menggunakan glazing bernuansa cerah tetapi lembut mirip putih, pink dan  biru muda. Dekorasi kue pernikahan dengan aksen warna emas serta perak jua semakin digemari.
Biasanya, lapisan glazing memiliki rasa anggun, meski terdapat jua juga yg gurih. Campuran dasar glazing bisa dibuat menggunakan mudah menggunakan bahan-bahan yg sederhana yaitu putih telur, gula halus, lemak dan  susu. Buat tambahan rasa serta aroma buah-buahan bisa memakai juz butir atau selai buah.
Untuk mempercantik produk bakery serta pastry, anda mampu memakai beberapa jenis glazing, antara lain water glaze, fruit glaze serta chocolate glaze. Water glaze didesain hanya dengan menggunakan air dan  gula serbuk. Buat menerima rasa tertentu, air digantikan dengan pilihan rasa yg diinginkan. Misalnya, buat menghasilkan lemon glaze, air digantikan dengan air perasan lemon.


Fruit glaze dibuat menggunakan menambahkan buah tertentu di campuran glaze. Buah-buahan yg dipergunakan buat menghasilkan fruit glaze terlebih dahulu direbus beserta syrup dengan barah kecil hingga lunak. Atau mampu pula menggunakan selai butir yang dicampur ke dalam adonan glaze.
Ad interim, chocolate glaze umumnya adalah cokelat leleh yang digunakan buat melapisi permukaan cake. Sesudah jadi, hasilnya akan memantulkan cahaya mirip cermin. Bahan-bahan yg digunakan antara lain, cokelat serbuk, air, gula, krim dan  gelatin.
Untuk mendapatkan hasil glazing terbaik, anda perlu menguasai tekniknya. Umumnya, teknik glazing dilakukan menggunakan cara dipping (celup), menyiram atau meneteskan (dripping) jua bisa dilakukan menggunakan mengoles campuran glazing di permukaan kudapan manis (brush).
Yang sempurna, produk-produk berhias glazing perlu terdapat di toko roti anda. Sebab, menggunakan teksturnya yg rupawan, glazing waktu ini menjadi tren di global makanan khususnya bakery dan  pastry. Selain itu, nilai jualnya jua menjadi lebih tinggi sebab dekorasi produk yg unik serta menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar